Minggu, 20 Agustus 2017

Cara Buat Gmail Atau Email Lengkap

Surat elektronik atau email merupakan fitur wajib yang harus dimiliki oleh setiap netizen. Sebab, dengan email inilah kita bisa mengakses berbagai macam situs, forum, software, maupun aplikasi. Misalkan saja google mail, atau lebih sering disebut dengan gmail.

Gmail merupakan penyedia layanan surat elektronik yang paling populer. Mengapa? Sebab, layanan ini sangat terkait dengan berbagai gadget yang digunakan oleh manusia pada saat ini. Sebut saja smartphone.

Bila kalian mempunyai smartphone, pasti kalian tahu aplikasi bawaan yang bernama playstore. Aplikasi ini hanya tersinkronisasi dengan email. Dengan adanya aplikasi ini kalian bisa mendownload berbagai macam aplikasi yang dibutuhkan untuk membantu kegiatan sehari-hari. Seperti whatsapp, instagram, youtube, dan sebagainya.

Sudah siapkah kalian membuat email? Berikut adalah alat-alat yang harus kalian siapkan, yaitu nomor handphone yang aktif atau kalian gunakan beserta data diri kalian.


Membuat Akun Gmail


Langsung saja kalian ketikkan alamat gmail di address bar, atau silahkan klik di sini. Kalian akan melihat tampilan seperti di bawah ini.

Cara Buat Gmail Atau Email Lengkap - Gmail


Silahkan kalian isi kolom “Name” dengan nama lengkap kalian. Jika kalian hanya mempunyai nama satu kata saja, silahkan ulangi nama tersebut di kolom “Last”. Misalnya Sarjono, nanti diketik Sarjono Sarjono.

Kemudian memilih username. Usahakan username yang kalian gunakan unik dan mudah diingat. Karena username satu orang dengan orang yang lain tidak mungkin sama persis. Lalu untuk password atau sandi, silahkan kalian isi dengan password yang kalian inginkan, minimal delapan karakter.

Lalu ada informasi kelahiran (tanggal, bulan, tahun) yang harus kalian isi. Ini sangat penting, sebab akan membantu kalian jika pada suatu saat kalian lupa password ataupun kehilangan nomor handphone. Setelah itu ada pilihan gender. Kalian bisa memilihnya dengan male, female, atau rather not say.

Pilihan selanjutnya adalah nomor handphone. Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa fungsi dari nomor handphone adalah untuk membantu kalian mengonfirmasi email tersebut serta jika kalian lupa password, sehingga akun kalian benar-benar aman.

Lalu ada current email address. Kolom ini boleh kalian isi atau tidak. Jika kalian belum punya email sama sekali, maka tidak usah diisi. Kolom terakhir adalah lokasi negara kalian. Jika sudah lengkap maka silahkan klik next step.

Pada langkah berikutnya, kalian harus memverifikasi nomor handphone yang sudah kalian cantumkan. Caranya, google atau gmail akan mengirim kode kepada kalian melalui nomor handphone tadi.

Ada dua cara yang digunakan, yaitu mengirimkan short message service (sms) atau menelepon. Kalian bisa memilih satu dari dua pilihan tersebut. Jika kalian sudah memilih dan mengklik tombol send verification code, maka kalian akan diminta memasukkan kode tersebut di langkah berikutnya.

Saat kode tersebut kalian isikan, maka selesai sudah proses membuat akun gmail atau email. Kalian sudah bisa mengakses berbagai fasilitas atau fitur di internet yang mengharuskan punya email.


EmoticonEmoticon